Semeru (Summit)

Konon katanya semeru adalah gunung tersulit di jawa.. Jiper jg denger ginian..

Bisa ga ya? Oke, ga perlu summit deh.. Nyampe kalimati, tempat camp sebelum menuju summit aja goal gw… Tar minta ditinggal aja nungguin smbl tidur di tenda selagi yg lainnya menuju summit.. Secara berangkat summit itu jam 1 subuh.. Mending tidur meringkuk di sleeping bag ya kann..

Ternyata hari pertama, trekking dr ranupane ke ranukumbolo itu cm butuh 4 jam.. Dan hr kedua dr ranukumbolo menuju kalimati cm butuh 3 jam dengan perjalanan landai.. Lahh susah darimanaaa.. *sombong abis*,, br 7 jam trekking, sisanya camping.. Ini acara hiking apa camping sihhh sebenernya.. *sombong abis (2)*

Jadi gw putuskanlah mari kita summit aja.. Konon katanya lagi, semeru memang yg paling susah itu track summitnya.. Dari perjalanan ke kalimati kmrn, kita sempet liat dari kejauhan track summit kita.. Masyowooo mencekam..itu gmn cara naenya vertikal banget dan isinya cm pasir doang sepertinya..Berangkat jam 1 pagi, gw ga pake senter krn sampai detik terakhir si headlamp kaga ketemu.. Jd ngarepin senter org aja deh..Br sejam jalan, ehhhh tracking pole gw patah.. Demm.. Untung ada anak2 sma setim kita yg rela ngasih pole nya buat gw.. Ngalah buat tante, katanya.. Br kali ini gw hepi dipanggil tante..

Setelah hampir 4 jam jalan nanjak ga berhenti di jalur pasir dan batu2 kecil, gw pun mulai menyerah.. Lelah tiada tara.. Jalan maju trus merosot ke bawah lagi krn pepasiran dan kaki ga kuat itu memang menguras mental.. Semacam jalan di tempat padahal utk gerakin 1 langkah aja itu ud cape banget.. Orang2 mulai bergeletakan di pinggiran utk istirahat.. Ada jg yg kena hiportemia dan lg dibungkus dgn emergency blanket dan lg menunggu bantuan dari bawah.. Hiks.. Gw pun bbrp kali ikut duduk dan mulai ingin menyerah.. Viewnya asli gila cakepnya… Kita bs ngeliat keseluruhan kota malang dari ketinggi dan sunrise yg cakepppp banget.. (Baca: ga keburu ngejer sunrise, jd liat sunrise nya selagi di perjalanan aja). Jd buat apa kita summit klo view skrg aja ud indah bangettt.. Pengen duduk aja di batu smbl liat view dan lalu mgkn gw ikut terkena hipotermia.

Memang godaan berat.”Mas, msh jauh ga?”, pertanyaan gw ke guide kita diulang2 terus setiap 15menit.. Huhuuuu.. Aku lelah bangettt.. “nanti kita ketemu batu gede, di baliknya ada bendera no 1”, jawabnya.. Ga membantu.. “Ada brp bendera, mas emgnya?” Hiks desperate.. Pdhl ya, setelah gw nyampe summit, bendera 1 dan 2 itu cm berbeda jarak 100m kaya di lapangan datar.. Si mas ngapain sikkk ga ngasitaunya “abis batu ini ada bendera, nah itu ud nyampe” gitu loh biar gw termotivasi..

Singkat cerita, setelah gw merangkak-rangkak, merosot di pepasiran ke bawah ampe ditangkep orang dan ditahan pake tracking pole biar gw berhenti merosotnya (serem gila klo mikirin itu track kan vertikal abis bs meluncur lgsg ke bwh), akhirnya gw pun nyampe summit di jam 6.. Terbayar ga lelahnya.. Jelas.. Bkn krn viewnya.. Viewnya malah lbh gila selama perjalanan.. Tp ya krn berhasil aja.. Puas rasanya.. Mgkn ini yg bikin org2 balik lagi balik lagi ke gunung.. Yg ga berhasil summit, pasti tar remedial deh…

Foto2 diambil pas saat turun.. Pas nae mah ud ga kepikiran lah mo moto.. Pas nae, klo liat ke bawah bs gemeteran asli.. Makanya disarankan utk menyelesaikan pendakian sebelom terang..

Video cara kita turun dr puncak mahamerunya.. Kaya org maen ski.. Perosotin aja kakinya asik banget.. Sempet jato salto terguling-guling, berusaha ditangkap sama guide gw, dan dia pun ikut terlempar dan akhirnya gw berhenti guling2nya.. Cek2 badan msh utuh ga krn takut menghantam bebatuan.. Selama ini kepengen bs backflip (salto di udara), ga nyangka ternyata gw ud bisa.. 😅.. Akibat trll sombong nge”ski”nya.. Abis salto dan guling2 itu, gw ski nya pelan2 deh.. Ga berani lagi..

Kesimpulan, ini pengalaman tak terlupakan deh.. Bantuan2 dan tolong menolong dari org2 yg blom kita kenal di tempat jauh dari peradaban itu membuat gw bersyukur dan menyadari banyak banget orang2 baek di luar sana.. Pengen menghabiskan banyak waktu bersama orang2 seperti mereka..

One thought on “Semeru (Summit)

Leave a comment