Sukses sebagai petani kangkung

Orang yang sukses konon katanya adalah orang yang gemar membaca.. jadi, untuk bisa sukses sebagai petani kangkung tentunyalah gw juga harus mulai dari membaca.. gugling ttg cara menanam kangkung, kalimat pertama lgsg bikin ciut..

“Maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencangkul..”

Whatt.. nyangkul.. ehmm.. okelah.. beli cangkul.. baca lagi kalimat selanjutnya..

“Cara menanam kangkung selanjutnya adalah dengan membuat bedengan di lahan tersebut..” blablabla “berikan jarak antar bedengan yang akan difungsikan sebagai drainase blablabla..”

Whatt.. bedengan? Drainase? Pake bahasa apa sih nih web.. kaga ngertiii… ganti tutorial.. gugling ulang..

“Di atas lahan/tanah tersebut kemudian dibuat petakan-petakan/bedengan..”

Ohh.. bedengan itu petakan toh..

“Selanjutnya, tancapkan tugal di atas bedengan..”

Heh? Tugal? Apalagi itu..

“Sebelum penanaman dilakukan, tanah hrs diolah dengan cara mencampurkan 10ton pupuk kompos..”

Watt.. 10tonnn?

Maka gagallah gw sebagai petani kangkung.. tutorial2 di web pd pakenya bahasa dewa.. *walopun akhirnya gw sadar ternyata tutorial2 itu buat tanah berhektar2.. hehe.. kurang ngetik kata di rumah.. lirik tanah yg cuman berukuran 2m x 1m itu*

Chatting dengan nidya kemudian memberikan sedikit pencerahan.. gw kudu ke trubus nanya2 soal kangkung ini.. berangkatlah ge ke toko trubus yang ada di dpn lottemart serpong..

Ternyata mudah menurut abangnya.. gw beli sebungkus bibit kangkung, 5 sak media tanam, 2 pupuk kandang, dan 1 pak polybag..yes.. gw pake polybag aja deh.. biar rapi.. maklum.. amatir..

image

Minggu lalu nyoba tanem sebaris dulu kurleb 10 polybag.. setelah numbuh sekitar 7cm yg artinya berhasil, baru kita tanem lagi kloter selanjutnya.. ditaro di depan kaca jendela ini karena konon kangkung baenya ga terkena sinar matahari dan ga menggenang airnya.. jd di sini aman..

Tumbuhlah subur, kangkung2ku..

image

Selanjutnya kepengen nanem bunga2an skala banyak juga biar si nona kecil hepi.. tp kepengen juga nanem selada krn lucu2 n pengen juga nanem kale krn siapa tau bs dibisniskan..

Banyak maunya!!!!

14 thoughts on “Sukses sebagai petani kangkung

  1. Yaelah ni susah bener mau komen, sampe gagal 3… —> gw yg gaptek, gw yg ngomel 😪😂

    Oh jadi uda sukses yah…
    Asik, nanti suru Noah ke ruma Tahnee pas panen.. (Bantuin manen maksudnyaa)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s