Japan [Geisha]

‘Ngeliat geisha’, adalah judul acara kita.. pada kenyataannya, ‘mengejar geisha’ adalah istilah yang lebih tepat..

Di jalan menuju gion, kaki2 cape kita berteriak2 ‘itu bus, woy.. nae bus.. do not walk..’ Bertanyalah kita sama 1 cowo muda yang idungnya palsu kayanya, apakah gion masih jauh.. 10 minutes walking katanya.. pertanyaan selanjutnya di mana kita bs melihat geisha, doi nunjuk ke gang depan kita n atap hijau di sana.. ga jauh..

Mendekati atap2 hijau, kita liat sekurumunan bule lagi berdiri di depan rumah2 seberangnya tanah kosong dan ada sejenis apartment kumuh gitu.. ada polisi pendek bawel yang jagain sambil melarang2 orang ini itu..

Penasaran ada apaan, kita nanya bule di sana.. benar.. mereka semua lagi menantikan keluarnya sang geisha.. hati gw lantas ngilu… mereka jadi tontonan gini yak.. konon katanya para geisha ga suka difoto.. pastilah mereka juga ga suka jadi tontonan macam gini..

Masih terperangah, si polisi pendek bawel tadi melarang gw berdiri di depan pintu orang.. oke, pak.. pindahlah gw ke belakang seorang bule, duduk di batu depan rumah yang lain.. kembali si polisi pendek bawel nyuruh gw berdiri dilarang duduk di situ katanya.. ggrrr.. belon 5 menit dr ngomelin gw tadi, abis itu si polisi pendek bawel kemudian ngomelin adel krn petanya jatoh di lantai.. okeh.. uda selesai? Belom dong.. fifin ikut2an berdiri agak ke tengah2 jalan,jadi dia juga kena damprat si polisi pendek bawel tadi.. hhhuufff..

Bbrp menit kemudian, para penonton mulai berbisik2 dan menyiapkan kamera masing2.. dari kejauhan gw liat 1 geisha berjalan sangat cepat ke arah kita.. gw deg2an.. trus gw mikir, ngapain juga gw deg2an.. krek, krek, krek.. bule2 itu dan turis2 lain lgsg sigap moto2.. Gw? Masih bengong.. tangan lalu gw masukkan ke tas bermaksud mengambil kamera.. tapi akhirnya gw keluarkan lagi tangan gw.. ga jadi.. ga enak hati gw mo moto orang yang ga mau dipoto.. sounds so wrong for me.. jd gw hanya di sana, menikmati sore sambil melihat geisha2 itu 1 per 1 keluar, ada yang nae taxi, ada yang ramah juga sempetin senyum ke para penonton, ada yang bener2 nunduk jalan secepat mungkin..

image

Photo by adel.. gw rasa perjalanan jepang ini pasti menyisakan rasa penasaran yang berat kepada para geisha.. mana kita ga sempet minta dientertain mereka karena ternyata konon katanya 1 orang cm perlu mengeluarkan sekitae 200rban rupiah.. mauuuuuu…..

Kita ga nungguiin ampe abis sih.. gw liat adel lalu bertanya pada si polisi pendek bawel jalan pulang.. polisi pendrk bawel itu dengan sabar dan muka yang sangat baik, sambil senyum2 manis memberitahukan adel kanan kiri kanan kiri.. aduuuu.. pak polisi.. kamu ternyata cute yaaa..

Leave a Reply

