Hands on class

“Lah lo belon selesai?”, tanya mamanya ceysia ke gw.. doi lg melenggang lenggang cantik sana sini karena 3 materi miliknya uda selesai dari tadi..

Hari ini ada hands on class di sekolah.. selama setengah jam, kita disuruh jadi murid di kelas, dikasih 3materi masing2 sesuai dgn kemampuan anaknya masing2 juga..

image

Istilah2nya aneh2.. tapi okelah mari kita muter2 ruangan nyari materialnya..

Pink box 4 itu ga kepoto tadi.. karena ini mudah buat gw.. cm nyocokin gambar ama tulisan.. jadi gambar pesawat itu tulisannya jet, kotak itu box.. tapi untungnya bukan berbentuk worksheet yg ditarik garis2 gitu.. ini pink box isinya 4 lembaran *kertas dilaminating* yg ada gambarnya trus ada 4 lembaran yg ada tulisannya.. nah.. tar tinggal disandingkan gambar ini dgn tulisan itu..

image

image

Ini addition stripboard table 4.. buat belajar penjumlahan 4.. nah di sini gw baru tau sekolah itu cape.. pertama kita harus menggelar mat ijo itu *klo bekerja di lantai harus memakai mat kecil itu*, abis itu harus nyusun angka 1-9 2 set biru dan merah di kanan kiri.. setelah itu baru ngerjain soal.. bagian ini yang cape.. setelah selesai, wajib tidy up materialnya trus ngegulung2 mat.. belon kudu ambil pensil ke loker *gambar menyusul di bagian loker*, belon tar klo pensilnya tumpul kudu nyerut2 dulu *serutannya sifatnya sharing jd harus pergi ke bagian lain ambil serutan*, tar harus balikin lg pensil ke loker.. *klo dulu kan semua ud di meja tempat kita duduk ga harus muter sana muter sini cm buat ngerjain penjumlahan*

image

Yg terakhir adalah trinomial cube.. bikin frustasi.. tp ini krn gw blon tau cara mainnya.. jd gw buka semua sisi kotaknya dengan agak kasar eh tumpah semua huhuuu.. cara mainnya kita harus nyusun 1-1 ke tatakannya, trus tar balikin lagi.. bentuknya beda2 pokoknya macam puzzle 3dimensi gitu.. gw ga sabaaarrr..

Akhirnya selesai hohohooo.. menyenangkan juga.. ngebayangin si arley tiap hari bs menyelesaikan kurleb 10 materian di kelas, pantaslah pulang2 lgsg tepar..

image

Klo ini, tempat nongkrongnya si arley.. di sinilah dia menghasilkan bendera2 tiap hari.. belajar peta.. n di folder2 itu ky ensiklopedia gitu misalnya dia lg belajar benua africa, tar tinggal ambil folder africa, ada semua di situ.. gw ga tertarik.. lewaatt.. *males buka foldernya*

Ms mona tadi nunjukin juga area favoritnya arley sekarang, belajar planet2 dan tata surya.. aarrgghh.. kenapa beda interest gini ya dia ama gw pas sekolah.. gw plg benci pelajaran geografi n fisika.. biologi juga sih.. kimia pun.. *lah ga suka semua*.. sukanya math doang.. pantesan dia suka nyebut2 hal2 aneh berhubungan dgn tata surya.. kmrn dia blg matahari itu terbuat dari wind fire sama rocks.. gw iya2in aja deh.. ga ngerti..

image

Dapur n tempat makannn.. nah, klo gw yg sekolah, gw pasti berkutat di sini terus, karena bs keluar masuk ke taman belakang itu dan demen maen masak2an.. nyuci2 piring terus deh gw..

image

Area baca.. di sini jg bakal jd area favorit gw karena depannya ada karpet empuk dengan bantal gede, bs tidur2an sambil baca buku yay yg ga pernah diperbolehkan klo di rumah.. *baca buku harus sambil duduk hiks hiks* tp sayang bukunya cm dikit, karena emang bukan library, cm reading corner.. okelah gpp untuk menghibur hati *ga demen belajar*

image

Lokernya arley.. gw cocok banget deh sama sekolah yang ga harus membawa buku n pensil di dalam tas.. tas cm isinya baju ganti ama bekal makanan.. *malah tadi sempet liat ada loker anak lain yg ada baju gantinya juga.. ah pintarnya diaa*

Dan 30menitnya pun selesai.. untunglah gw sudah menyelesaikan 3 materi gw.. ga malu2in jadinya.. lirik orang tua lain, tadi pas ngerjain puzzle cube itu, papanya ratu duduk samping gw lg ngepang2 rambut ynag cukup panjang.. ahli banget ternyata.. baru tau ngepang rambut itu keahlian yg dipelajari di sekolah.. arley sih gw rasa masih berkutat di ngancingin baju lobang kecil.. ato jgn2 masih yg lobang gede.. iket tali sepatu pun blon bisa.. jd mu gkin belin sampai ke material ngepang rambut.. pdhl pengen nyuruh dia ngepangin rambut gw sambil gw nonton.. *sekarang gw lg enjoy bngt anak2 maen salon2an di rambut gw.. kpn lg bs nemenin anak maen sambil fokus nonton* di meja sebelah, mamanya ferrer lagi tracing2 huruf2 di nampan berisi beras dengan telaten.. masa kecil kurang bahagia.. wkwk..

Intinya, menyenangkan sih sekolahnya. Cape juga krn mondar mandir sana sini n tidy upin materinya yg kecil2 n banyak dan konon kata ms cory, sudah 2 minggu ini kelasnya diperbesar, jadi digabung kelas preskul n tk.. klo dulu kan ukur 3-6nya jadi 1 kelas.. klo skrg, umur 1.5-6 tahun jadi 1 kelas..

Hope anak2 itu enjoy it too..

12 thoughts on “Hands on class

  1. Ahh keren banget… sekolahnya.. mupenggg. Arley cocok interest nya sama g. G selalu pgn jd astronot. G suka geografi n fisika tak lupa history dan puzzle kecil2 yg nguras keringet di kepala haha…

    Like

    • Kelasnya sih cm kotak gitu bentuknya ga menarik n interiornya sederhana2 semua *gw pernah mupeng fasilitas, interior, dapur sinarmas school yg keren n modern bngt* cuman klo dibanding sekolah2 tradisional sih gw uda cukup senanglah di sini yg penting semua fungsional dan aman dan masih bs mondar mandir jd tersalurkan energinya sambil belajar.. palagi model2 eldan..

      Trus kok bs sih ada orang suka mipa n juga seniman pula.. ckckck..

      Like

  2. Cara bljr addition nya bagus gak pake hafalan urutan. memberi g ide buat ngajarin dg cr gitu. *bikin ah ..* eldan di skul blon bljr addition. Arley cepet jg.
    tes bakat dulu bilang cocok jd arsitek, interior dan akuntan padahal g paling bakat jd ibu rt hahaha….

    Like

    • Itu yg sebelahnya yg balok2 panjang2 merah itu jg buat belajar addition.. itu lbh nyantol lg klo kt gw..

      Klo di sini kan tergantung kemampuan anaknya.. jd ada jg yg ud seumur r tp blon blajar apa2.. ada yg lahirnya sama2 nov tp skrg ud bs baca n ngitung..

      Like

  3. Sama, dulu gw juga demennya ama geografi en fisika. Jaman sd hafal loh letak2 negara klo belajar peta buta. Fisika jg menyenangkan asal hafal rumus…
    Senangnya gw udah bebas tugas ngajarin tambah kurang ke chantal. 3 taon lg baru bakal berbusa lg ngajarin adenya…

    Like

Leave a Reply

